Pedagang
online sukses I Abi Badii I Owner Badii Online Shop
Pedagang
Online Sukses merupakan
dambaan setiap orang yang berkecimpung di bisnis online, entah sebagai online retailer
misal Toko Online Badii (Badii Online
Shop), dropshiper atau online business. Fondasi dasar bagi yang
ingin menjadi pedagang atau penjual lewat toko online adalah kejujuran.
Pedagang online yang sukses hari ini adalah akumulasi dari hari-hari berat
penuh perjuangan dan air mata. Meminjam istilah Tukul Arwana, Kristalisasi
keringat. Kenapa? Karena kesuksesan dan
kegagalan adalah satu paket yang tidak bisa dipisahkan. Tidak ada yang namanya sukses instan, hatta
Bisnis Franchise sekalipun.
Bisnis yang sukses terutama
di dunia online atau dunia maya,
yang biasa juga disebut dunia daring
(dalam jaringan) tidak lepas dari kerja keras, ketekunan dan fokus yang terus
di maintenance alias dimonitor. Sehebat
apapun suatu bisnis yang autopilot, tetap perlu dimonitor, minimal monitor
keuangannya.
Bagaimana menilai sebuah toko online yang jujur dari perspektif
pembeli?
Satu hal yang lazim di dunia ini,
adanya pasangan yang seimbang, ada toko yang jujur dan ada toko yang tidak
jujur. Artinya baik di dunia online atau offline, hukum ini selalu berlaku.
Karena pembahasan kita kali tentang dunia online, maka saya akan lebih fokus pada dunia online.
Agar Anda sebagai pembeli tidak kena
tipu maka tip’s berikut patut menjadi bahan referensi sebelum Anda bertransaksi
di dunia online.
- Pastikan
Anda berkomunikasi yang baik dengan sang penjual sebelum terjadi transaksi
atau deal bisnis
Jika didunia perbankan ada istilah KYC
(Know Your Customer), maka di dunia online
dikenal istilah KYS (Know Your Seller), mengetahui penjual Anda. Dan hebatnya dengan kecanggihan Robot bernama
Google, track record (rekam jejak)
Anda sebagai manusia akan selalu tetap ada tersimpan di ‘arsip Google’ baik
masa lalu atau masa sekarang. Apalagi sekedar
rekam jejak Anda sebagai penjual.
- Pastikan
barang yang Anda pesan masih tersedia. Jika memang harus sistem pre order,
pastikan sistem dan pernjanjiannya tercatat rapi dan disepakati
Salah satu kendala dari macetnya sistem
penjualan via online adalah
ketersediaan produk riil (kecuali produk berupa teknologi, terhambatnya sistem jaringan
internet). Disinilah perlunya seorang Penjual Toko Online yang Jujur. Jika stok barang memang tidak ada, katakan tidak
ada, apalagi pada sistem dropship dimana kepercayaan di atas segalanya (produsen,
agen/distributor, penjual).
Jika memang harus pre order, pastikan Anda mencatat rapi
semuanya, baik berupa link, foto/gambar, perjanjian tertulis dll sebagai
antisipasi jika ada pedagang toko online
yang tidak jujur.
- Sepakati
jasa pengiriman yang Anda inginkan, dan jasa pengiriman tersebut sudah
pernah berhubungan dengan Anda, setidaknya kantor perwakilannya tersedia
di daerah Anda.
Salah satu sistem pendukung (support system) dari bisnis online adalah Jasa Pengiriman seperti PT
POS, JNE, TIKI dll. Jika alamat Anda
memang sulit untuk di cari atau Anda berhalangan, sehingga tidak ada orang di
rumah Anda, Anda bisa mengambil Paket Kiriman Pesanan Anda di kantor perwakilan
Jasa Pengiriman tersebut di kota Anda.
Lebih baik lagi jika Anda memiliki
alamat dan nomor telepon jasa pengiriman yang terdekat dengan Anda.
- Pastikan
berapa hari kiriman Anda akan sampai
Pedagang Online Sukses yang jujur, biasanya selalu
terbuka dengan pembelinya. Dan masing-masing
jasa pengiriman sudah punya standar sendiri-sendiri dan mencantumkan lamanya
masa pengiriman tiap-tiap daerah.
Namun kondisi ini tidak berlaku saat
menjelang lebaran, dimana tingkat pengiriman sangat tinggi. Biasanya kiriman
telat hingga 7 hari dari jadwal seharusnya.
- Hindari
berbelanja online pada H-10 lebaran, dipastikan barang Anda tidak akan
sampai sebelum lebaran, kecuali Anda menginginkannya
Satu hal yang perlu pembeli online ketahui adalah Peak Season, biasanya ini mendekati hari
lebaran. Ini adalah masa-masa panen
penjual online, jasa pengiriman dan
semua stakeholder yang
mendukukungnya.
- Mintalah
nomor registrasi/resi/kode kiriman Anda, sehingga Anda dapat mengecek sendiri
kiriman Anda lewat laman/website masing-masing jasa pengiriman
Tidak semua pedagang online mencantumkan nomor resi atau nomor
registrasi atau nomor kiriman barangnya. Sebagai pembeli yang cerdas, Anda
berhak untuk memintanya. Dari sisi
penjual, walau terkesan ribet dikarenakan banyaknya barang yang dikirimkan pada
hari itu, tetap harus mencantumkan nomor resi barang yang telah dikirim. Jadi mekanisme check & balance tetap terjaga.
- Pastikan
Penjual online yang Anda tuju adalah orang terpercaya dan berpengalaman
Di dalam dunia pemasaran, ada istilah
Nama Branding dan Nama Sebenarnya. Nama Branding
adalah nama yang disematkan kepada seseorang, baik diberikan oleh orang
lain atau memang di setting untuk
lebih mudah dikenal,
Misalnya ada
yang kenal dengan nama ini, Cassius
Marcellus Clay, Jr? Mungkin banyak dari
Anda yang tidak tahu siapa Cassius Marcellus Clay, Jr ini. Tetapi jika saya ketik : Muhammad Ali, Insya
Allah banyak orang yang kenal dengan Petinju Legendaris ini.
Muhammad Ali adalah
nama branding, dan Cassius Marcellus Clay, Jr nama aslinya sejak lahir. Di dalam dunia online tidak semuanya menggunakan nama
asli, ada juga yang menggunakan nama online
dengan berbagai alasan, untuk kemudahan dan mudah diingat misalnya.
Untuk memastikan agar Penjual Online yang Anda tuju adalah orang
terpercaya dan berpengalaman, sebelum transaksi mintalah nama lengkapnya (bukan
nama akun jualannya), biasanya nama di nomor rekening bank adalah nama lengkap,
alamat lengkap (baik kantor marketing atau kantor tetap), nomor telepon/hp dsb.
- Cek
nama dan no telpon yang diberikan di Profesor Google
Setelah memiliki semuanya, masuklah
ke www.google.co.id, carilah nama tersebut, pastikan Anda menulis dengan
benar. Penjual Online yang benar pasti
mau mencantumkan nama lengkapnya. Lakukan hal yang sama terhadap nomor HP atau
nomor telponnya.
Penjual Online yang benar pasti Nama dan Nomor HP/teleponnya dengan mudah
tercatat oleh Mbah Google. Pastikan Anda mengetikanya dengan benar. Kadang ada
nomor HP yang ditulis dengan cara dipenggal untuk memudahkan penyebutan (contoh
: 0815 1999 4916)
- Salah
satu indikasi penjual online yang benar adalah ia berani cantumkan alamat
lengkapnya
Carilah alamat tersebut di Website-nya
dengan kembali mengetikkannya ke www.google.co.id
- Selalui
cek dan update terhadap track record/rekam
jejak penjual online
Jangan lupa selalu periksa jejak
rekamnya. Mulai dari Proses pembelian, Proses pengiriman dan Barang sesuai
dengan yang Anda bayangkan atau yang tercantum di ETALASE TOKO ONLINEnya.
Terakhir kepada pembeli online untuk
menghindari membeli barang yang dibandrol dengan harga sangat murah dibanding
harga barang sejenisnya.
Demikianlah, apa-apa yang dipaparkan
oleh kami di atas hanyalah tip’s menghindari dari kondisi kekecewaan dikemudian
hari. Tetapi yang patut dipegang adalah
Prinsip kehati-hatian, ini adalah modal utamanya.
Kepada para rekan-rekan sesama penjual
online, mari kita landasi bisnis kita
dengan kejujuran, dengan jujur Insya Allah Anda menjadi Pedagang Bisnis Online Sukses dan bisnis Anda menjadi Barokah.
Ingin mendapatkan APIK (Alat Perencanaan Investasi dan
Keuangan), Buku-buku seputarKeuangan, Brankas Buku Baja RinganSimpan Emas dll bisa menghubungi Badii Online Shop di 0815 1999 4916.
Sumber
: FB Notes DosenJualan.com
(di olah dan di revisi dengan semangat berbagi)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar