Jumat, 13 Juni 2014

Pedagang online sukses, dimulai dari toko online yang jujur



Pedagang online sukses  I Abi Badii I  Owner Badii Online Shop

Pedagang Online Sukses merupakan dambaan setiap orang yang berkecimpung di bisnis online, entah sebagai online retailer misal Toko Online Badii (Badii Online Shop), dropshiper atau online business. Fondasi dasar bagi yang ingin menjadi pedagang atau penjual lewat toko online adalah kejujuran.

Pedagang online yang sukses  hari ini adalah akumulasi dari hari-hari berat penuh perjuangan dan air mata. Meminjam istilah Tukul Arwana, Kristalisasi keringat.  Kenapa? Karena kesuksesan dan kegagalan adalah satu paket yang tidak bisa dipisahkan.  Tidak ada yang namanya sukses instan, hatta Bisnis Franchise sekalipun.

Bisnis yang sukses terutama di dunia online atau dunia maya, yang biasa juga disebut dunia daring (dalam jaringan) tidak lepas dari kerja keras, ketekunan dan fokus yang terus di maintenance alias dimonitor. Sehebat apapun suatu bisnis yang autopilot, tetap perlu dimonitor, minimal monitor keuangannya.

Bagaimana menilai sebuah toko online yang jujur dari perspektif pembeli?

Satu hal yang lazim di dunia ini, adanya pasangan yang seimbang, ada toko yang jujur dan ada toko yang tidak jujur.  Artinya baik di dunia online atau offline, hukum ini selalu berlaku.  Karena pembahasan kita kali tentang dunia online, maka saya akan lebih fokus pada dunia online.

Agar Anda sebagai pembeli tidak kena tipu maka tip’s berikut patut menjadi bahan referensi sebelum Anda bertransaksi di dunia online.  
  1. Pastikan Anda berkomunikasi yang baik dengan sang penjual sebelum terjadi transaksi atau deal bisnis
Jika didunia perbankan ada istilah KYC (Know Your Customer), maka di dunia online dikenal istilah KYS (Know Your Seller), mengetahui penjual Anda.  Dan hebatnya dengan kecanggihan Robot bernama Google, track record (rekam jejak) Anda sebagai manusia akan selalu tetap ada tersimpan di ‘arsip Google’ baik masa lalu atau masa sekarang.  Apalagi sekedar rekam jejak Anda sebagai penjual.


  1. Pastikan barang yang Anda pesan masih tersedia. Jika memang harus sistem pre order, pastikan sistem dan pernjanjiannya tercatat rapi dan disepakati
Salah satu kendala dari macetnya sistem penjualan via online adalah ketersediaan produk riil (kecuali produk berupa teknologi, terhambatnya sistem jaringan internet).  Disinilah perlunya seorang Penjual Toko Online yang Jujur.  Jika stok barang memang tidak ada, katakan tidak ada, apalagi pada sistem dropship dimana kepercayaan di atas segalanya (produsen, agen/distributor, penjual).
Jika memang harus pre order, pastikan Anda mencatat rapi semuanya, baik berupa link, foto/gambar, perjanjian tertulis dll sebagai antisipasi jika ada pedagang toko online yang tidak jujur.

  1. Sepakati jasa pengiriman yang Anda inginkan, dan jasa pengiriman tersebut sudah pernah berhubungan dengan Anda, setidaknya kantor perwakilannya tersedia di daerah Anda.
Salah satu sistem pendukung (support system) dari bisnis online adalah Jasa Pengiriman seperti PT POS, JNE, TIKI dll.  Jika alamat Anda memang sulit untuk di cari atau Anda berhalangan, sehingga tidak ada orang di rumah Anda, Anda bisa mengambil Paket Kiriman Pesanan Anda di kantor perwakilan Jasa Pengiriman tersebut di kota Anda.
Lebih baik lagi jika Anda memiliki alamat dan nomor telepon jasa pengiriman yang terdekat dengan Anda.

  1. Pastikan berapa hari kiriman Anda akan sampai
Pedagang Online Sukses yang jujur, biasanya selalu terbuka dengan pembelinya.  Dan masing-masing jasa pengiriman sudah punya standar sendiri-sendiri dan mencantumkan lamanya masa pengiriman tiap-tiap daerah.
Namun kondisi ini tidak berlaku saat menjelang lebaran, dimana tingkat pengiriman sangat tinggi. Biasanya kiriman telat hingga 7 hari dari jadwal seharusnya.

  1. Hindari berbelanja online pada H-10 lebaran, dipastikan barang Anda tidak akan sampai sebelum lebaran, kecuali Anda menginginkannya
Satu hal yang perlu pembeli online ketahui adalah Peak Season, biasanya ini mendekati hari lebaran.  Ini adalah masa-masa panen penjual online, jasa pengiriman dan semua stakeholder yang mendukukungnya.

  1. Mintalah nomor registrasi/resi/kode kiriman Anda, sehingga Anda dapat mengecek sendiri kiriman Anda lewat laman/website masing-masing jasa pengiriman
Tidak semua pedagang online mencantumkan nomor resi atau nomor registrasi atau nomor kiriman barangnya. Sebagai pembeli yang cerdas, Anda berhak untuk memintanya.  Dari sisi penjual, walau terkesan ribet dikarenakan banyaknya barang yang dikirimkan pada hari itu, tetap harus mencantumkan nomor resi barang yang telah dikirim.  Jadi mekanisme check & balance tetap terjaga.

  1. Pastikan Penjual online yang Anda tuju adalah orang terpercaya dan berpengalaman
Di dalam dunia pemasaran, ada istilah Nama Branding dan Nama Sebenarnya.  Nama Branding adalah nama yang disematkan kepada seseorang, baik diberikan oleh orang lain atau memang di setting untuk lebih mudah dikenal,

Misalnya ada yang kenal dengan nama ini, Cassius Marcellus Clay, Jr?  Mungkin banyak dari Anda yang tidak tahu siapa Cassius Marcellus Clay, Jr ini.  Tetapi jika saya ketik : Muhammad Ali, Insya Allah banyak orang yang kenal dengan Petinju Legendaris ini.

Muhammad Ali adalah nama branding, dan Cassius Marcellus Clay, Jr nama aslinya sejak lahir.  Di dalam dunia online tidak semuanya menggunakan nama asli, ada juga yang menggunakan nama online dengan berbagai alasan, untuk kemudahan dan mudah diingat misalnya.

Untuk memastikan agar Penjual Online yang Anda tuju adalah orang terpercaya dan berpengalaman, sebelum transaksi mintalah nama lengkapnya (bukan nama akun jualannya), biasanya nama di nomor rekening bank adalah nama lengkap, alamat lengkap (baik kantor marketing atau kantor tetap), nomor telepon/hp dsb.

  1. Cek nama dan no telpon yang diberikan di Profesor Google
Setelah memiliki semuanya, masuklah ke www.google.co.id, carilah nama tersebut, pastikan Anda menulis dengan benar.  Penjual Online yang benar pasti mau mencantumkan nama lengkapnya. Lakukan hal yang sama terhadap nomor HP atau nomor telponnya.
Penjual Online yang benar pasti Nama dan Nomor HP/teleponnya dengan mudah tercatat oleh Mbah Google. Pastikan Anda mengetikanya dengan benar. Kadang ada nomor HP yang ditulis dengan cara dipenggal untuk memudahkan penyebutan (contoh : 0815 1999 4916)

  1. Salah satu indikasi penjual online yang benar adalah ia berani cantumkan alamat lengkapnya
Carilah alamat tersebut di Website-nya dengan kembali mengetikkannya ke www.google.co.id

  1. Selalui cek dan update terhadap track record/rekam jejak penjual online
Jangan lupa selalu periksa jejak rekamnya. Mulai dari Proses pembelian, Proses pengiriman dan Barang sesuai dengan yang Anda bayangkan atau yang tercantum di ETALASE TOKO ONLINEnya.

Terakhir kepada pembeli online untuk menghindari membeli barang yang dibandrol dengan harga sangat murah dibanding harga barang sejenisnya.

Demikianlah, apa-apa yang dipaparkan oleh kami di atas hanyalah tip’s menghindari dari kondisi kekecewaan dikemudian hari.  Tetapi yang patut dipegang adalah Prinsip kehati-hatian, ini adalah modal utamanya.

Kepada para rekan-rekan sesama penjual online, mari kita landasi bisnis kita dengan kejujuran, dengan jujur Insya Allah Anda menjadi Pedagang Bisnis Online Sukses dan bisnis Anda menjadi Barokah.

Ingin mendapatkan APIK (Alat Perencanaan Investasi dan Keuangan)Buku-buku seputarKeuangan, Brankas Buku Baja RinganSimpan Emas dll bisa menghubungi Badii Online Shop di 0815 1999 4916.

Sumber : FB Notes DosenJualan.com (di olah dan di revisi dengan semangat berbagi)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar